Info seputar pangan nasional dan dunia

Optimalisasi Sumber Daya Alam Nusantara



       

        Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan keanekaragaman hayati maupun hewaninya. Anugerah terbesar yang didapat Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan alamnya,
sumber tambang, panorama alam, serta keanekaragaman berbagai ciri khas dari setiap daerah sangat berperan dan membuat Indonesia sangat berpengaruh pada kemajuan dan kesejahteraan dunia. Kekayaan dan potensi-potensi yang terdapat di Nusantara sudah sepantasnya menjadi ikon yang bisa diunggulkan dalam daerah-daerah tersebut, tidak hanya keanekaragaman alamnya, bahkan potensi kuliner pun menjadi momok yang bisa menarik perhatian berbagai orang khususnya orang asing yang berkunjung di Indonesia. Hal tersebut tentu akan membantu mendorong perekonomian dan kemajuan daerah tersebut. Dengan berbagai potensi yang bisa diandalkan dari wilayah Nusantara ini, sangat disayangkan jika keadaan ini hanya dibiarkan terbengkalai tanpa ada keinginan dan usaha untuk menjadikan potensi ini sebagai kekuatan bangsa Indonesia. Karena jika segala potensi di Nusantara dimanfaatkan seoptimal mungkin, pasti akan berdampak positif bagi negara khususnya bidang perekonomian yang akan meningkat dan yang paling penting dapat mensejahterakan penduduknya.
Pengoptimalan berbagai potensi yang terdapat di Nusantara dapat dilakukan dengan menggerakkan generasi muda yang berinovasi tinggi untuk memajukan potensi tersebut agar menjadi potensi yang lebih menarik dan bisa diandalkan. Bukan hanya generasi muda yang berperan, masyarakat, dan pemerintah tetap mempunyai peran penting dalam mendukung upaya ini.
Di bidang sumber daya alamnya, Indonesia sudah tidak diragukan lagi seberapa banyak kekayaan alam yang dimilikinya. Berbagai sumber bahan tambang dan sumber-sumber lain sangat banyak dan tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Ini adalah aset terbesar bagi Indonesia, kemampuan pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam yang baik sangat diperlukan. Generasi muda harus berperan untuk berinovasi menciptakan teknologi yang bisa membantu pemanfaatan sumber daya ini, karena masih banyak sumber daya alam di Indonesia yang dijual mentah keluar negeri dengan harga murah kemudian dari luar negeri dijual ke Indonesia dengan harga barang yang mahal. Keadaan ini merugikan bangsa Indonesia sendiri. Dengan adanya kondisi seperti ini, Indonesia sama sekali tidak memajukan sumber daya alam di Nusantara tapi menghancurkan potensi yang seharusnya bisa memajukan perekonomian Indonesia sendiri, bukan perekonomian bangsa lain. Hal ini terjadi karena Indonesia sangat bergantung dengan teknologi luar negeri yang semakin maju, sementara di Indonesia sendiri tidak ada teknologi yang bisa mengelola sumber daya itu sendiri dengan baik.
Pengelolaan sumber daya alam merupakan hal yang penting karena menyangkut pembangunan dan kesejahteraan penduduk Indonesia. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang seoptimal mungkin, Indonesia dapat melaksanakan proses pembangunan bangsa secara berkelanjutan serta pemerataan pembangunan daerah khususnya di daerah-daerah terpencil. Pembangunan yang berkelanjutan ini bertujuan agar para generasi penerus bangsa selanjutnya masih dapat menikmati sumber daya alam yang tersedia serta dapat mensejahterakan generasi sekarang tanpa mengorbankan generasi yang akan datang. Sumber daya alam yang renewable dapat dikelola seoptimal mungkin agar kualitas dan kuantitasnya dari waktu ke waktu semakin terencana dengan baik, sedangkan sumber daya alam yang non renewable tidak dieksploitasi habis-habisan hanya demi kepentingan generasi sekarang. Namun, bisa dilihat saat ini, pemanfaatan sumber daya alam hanya digunakan sebagai sumber uang oleh para petinggi negara yang tidak bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Pemegang otoritas pengelolaan sumber daya alam berpusat pada negara yang dikuasai pemerintah pusat, sehingga kebijakan yang dikeluarkan pemerintah hanya bersikap sektoral dan tumpang tindih terhadap daerah yang kaya akan sumber daya alamnya.  
Hak untuk mengelola sumber daya alam merupakan salah satu hak ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat, dan pemerintah harus menghormati dan melindungi hak warga negaranya . Setiap orang berhak untuk memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia, namun jika semua orang memaksimalkan sumber daya alam yang ada, maka bukan tidak mungkin sumber daya alam yang tersedia akan segera habis, apalagi jika sumber daya tersebut non renewable, bisa dipastikan anak cucu bangsa mendatang tidak bisa menikmati apa yang dinikmati generasi masa kini. Eksploitasi yang berlebihan tanpa terencana bukan sesuatu yang baik, namun banyak membawa masalah di bidang kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah harus membuat peraturan yang berkaitan dengan sumber daya alam dalam pemanfaatannya agar sesuai aturan yang berlaku. Walaupun dalam kenyataannya, UU yang mengatur tentang sumber daya alam mempunyai kelemahan, diantaranya, berorientasi pada eksploitasi sumber daya alam yang hasilnya hanya mengejar keuntungan sebagian pihak, bersifat sektoral, serta mengabaikan keadilan terhadap rakyat.
            Keberhasilan dalam pengoptimalan potensi Nusantara tidak akan berhasil jika masyarakat, generasi pemuda, dan pemerintahnya hanya diam pasif tidak berusaha untuk memikirkan apa yang akan dilakukan untuk menggali dan mengoptimalkan potensi yang serba ada di Indonesia. Kesadaran akan sebuah kemajuan sangat diperlukan. Dalam hal ini, sosialisasi perlu ditingkatkan tentang pengembangan potensi Nusantara, serta pendanaan dari pemerintah dan perbaikan fasilitas baik umum maupun khusus khususnya di bidang transportasinya harus ditingkatkan. Dan untuk para generasi muda harus bisa berinovasi untuk memajukan Nusantara, dengan membuat teknologi yang berguna dan bermanfaat. Pengembangan potensi Nusantara akan berjalan baik jika peran masyarakat, generasi muda, dan pemerintahnya berjalan seimbang. Semuanya tidak akan berhasil jika tidak ada kemauan yang keras untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Mulai untuk berhenti bergantung pada bangsa lain, karena dengan kekayaan yang luar biasa banyaknya, seharusnya Indonesia bisa lebih maju dari bangsa lain. Pengoptimalan potensi lokal harus terus digiatkan agar kesejahteraan penduduk Indonesia dapat terwujud dengan baik.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kabar Pangan. Powered by Blogger.

Blog Archive