Info seputar pangan nasional dan dunia

Semangka Kotak Berharga Mahal



          Indonesia diprediksi akan mendapat bonus di tahun 2020-2045. Bonus tersebut adalah Bonus Demografi, dimana penduduk dengan umur produktif sangat besar sementara usia muda semakin
kecil dan usia lanjut belum banyak. Oleh karna itu banyak kalangan yang memanfaatkan bonus demografi tersebut dengan berbagai cara, salah satunya yaitu budidaya semangka kotak dengan rekayasa genetik.
          Semangka merupakan tanaman buah berupa herba yang tumbuh merambat yang dalam bahasa Inggris disebut Water Mellon . Berasal dari daerah kering tropis dan subtropis Afrika, kemudian berkembang dengan pesat ke berbagai negara seperti: Afrika Selatan, Cina, Jepang, dan Indonesia. Semangka termasuk dalam keluarga buah labu-labuan ( Cucurbitaceae) pada daerah asalnya sangat disukai oleh manusia/binatang yang ada di benua tersebut, karena banyak mengandung air, sehingga penyebarannya menjadi cepat (Prihatman, 2000).

          Tapi Pernahkah berimajinasi untuk membuat buah semangka yang berbentuk kotak? Hal tersebut bukanlah sebuah imajinasi lagi, tetapi telah ada dan merupakan sebuah karya yang dapat dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli, yaitu melewati rekayasa genetika. Tanaman yang mengalami rekayasa genetika ini biasa disebut tanaman transgenik. Semangka kotak memang bukanlah sebuah fenomena yang baru. Pasti banyak dari kita yang telah mendengar cara yang dilakukan oleh masyarakat umum yaitu memasukkan semangka muda ke dalam sebuah tempat berbentuk kotak sehingga pada perkembangannya semangka tersebut akan mengalami penekanan dan harus mengikuti bentuk medium tempat tersebut. Namun, bukan cara inilah yang dilakukan oleh para ilmuwan. Sesuai dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, kini para ilmuwan telah berhasil menciptakan semangka kotak hasil rekayasa genetika. Hal ini tidak akan mempengaruhi kandungan gizi buah karena gen yang direkayasa adalah gen-gen pertumbuhan sehingga tetap aman untuk dikonsumsi. Dengan adanya semangka kotak ini akan memudahkan proses distribusi dan lebih menghemat tempat. 

          Sekarang, industri pertanian semangka kotak menjadi bidang agrikultur yang sangat menjanjikan. Harga 1 buah semangka di Jepang bisa mencapai RUB 700 atau sekitar 270.000 jika dirupiahkan.  Sedangkan di indonesia harga 1 buah semangka biasa berkisaran 8 ribuan . Diharapkan dengan adanya budidaya semangka kotak ini dapat meningkatkan derajat hidup para petani semangka di indonesia dan sebagai terobosan baru dalam Optimalisasi Bonus Demografi 2020-2045 kedepan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kabar Pangan. Powered by Blogger.

Blog Archive