Info seputar pangan nasional dan dunia

Benalu Obat Kanker Alami




Selamat siang sahabat kabar pangan, kali ini saya akan membagikan informasi yang sangat penting , apa itu ?. Kalian pasti tau tentang tanaman Benalukan tanaman ini biasanya tumbuh di atas pohon
atau menempel pada batang pohon yang biasa disebut tanaman parasit..Tapi apa kalian tahu kalau benalu , mempunyai manfaat yang sangat hebat apa itu..selamat menyimak....

Pola hidup yang tidak seimbang menyebabkan tingginya angka pertumbuhan kanker di dunia. Metode terapi kanker yang telah dilakukan, yaitu radiasi dan kemoterapi, belum menghasilkan outcome yang diinginkan. Pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi mahalnya terapi dan besarnya efek samping yang ditimbulkan oleh terapi kanker adalah penggunaan bahan alam sebagai alternatif agen antikanker. Salah satu bahan alam yang dapat digunakan adalah benalu. 

Benalu, parasit yang pada awalnya dianggap tidak bermanfaat ternyata berpotensi sebagai agen kemopreventif. Benalu mangga (Dendrophthoe pentandra) dan benalu nangka (Macrosolen cochinchinensis) sebagaimana benalu teh (Scurrula oortina) mengandung senyawa flavonoid kuersetin yang memiliki sifat antitumor. Mekanisme senyawa aktif dalam benalu tersebut kemungkinan melalui aktivitas antioksidan. Kuersetin mampu menghambat ekspresi protein p53 mutan, tirosin kinase, heat shock protein dan siklooksigenase, serta menunjukkan afinitas yang sama dengan tamoxifen pada estrogen reseptor. Kuersetin dapat dapat dikombinasikan dengan agen kemoterapi, misalnya tamoxifen, cisplatin dan busulphan, sehingga dapat mengurangi besarnya dosis kemoterapi yang diperlukan dan menurunkan efek sampingnya. 

Penggunaan benalu tanaman sebagai agen antikanker yang menjanjikan masih membutuhkan eksplorasi lebih lanjut, baik dari sisi budidaya maupun formulasi. Selain dapat digunakan dalam bentuk sediaan tradisional (jamu), benalu berpeluang untuk digunakan sebagai fitofarmaka. Dengan dikembangkannya benalu sebagai agen kemopreventif diharapkan dapat meringankan beban penderita kanker dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kabar Pangan. Powered by Blogger.

Blog Archive