Sayuran merupakan aspek vital dalam pemenuhan sumber makanan bagi manusia.
Sedangkan petani adalah aktor utama dalam pemenuhan kebutuhan sayuran bagi
masyarakat secara umum
khususnya perkotaan, yang mengandalkan supply sayuran dari pedesaan, perkebunan dan pertanian. Namun, seringkali petani kecil belum mendapatkan hasil secara optimal yang berpengaruh pada penghasilan dan kesejahteraannya. Padahal di satu sisi permintaan pasar akan sayuran terus meningkat. Analisis lapangan menunjukkan terdapat berbagai permasalahan pada petani kecil yaitu 1) minimnya lahan dan hasil produksi, 2) pemasaran yang terbatas di lingkup lokal, 3) distribusi dan pemasaran yang dikuasai oleh tengkulak dan pengepul, 4) belum adanya sistem modern dalam pemasaran agar hasil optimal, dan 5) tingkat persaingan dengan pemasok sayuran organik di swalayan yang lingkupnya lebih besar.
khususnya perkotaan, yang mengandalkan supply sayuran dari pedesaan, perkebunan dan pertanian. Namun, seringkali petani kecil belum mendapatkan hasil secara optimal yang berpengaruh pada penghasilan dan kesejahteraannya. Padahal di satu sisi permintaan pasar akan sayuran terus meningkat. Analisis lapangan menunjukkan terdapat berbagai permasalahan pada petani kecil yaitu 1) minimnya lahan dan hasil produksi, 2) pemasaran yang terbatas di lingkup lokal, 3) distribusi dan pemasaran yang dikuasai oleh tengkulak dan pengepul, 4) belum adanya sistem modern dalam pemasaran agar hasil optimal, dan 5) tingkat persaingan dengan pemasok sayuran organik di swalayan yang lingkupnya lebih besar.
Materi yang diangkat pada tulisan ini adalah tentang upaya peningkatan
pendapatan petani sayuran kecil dari aspek pemasaran dan distribusi produk di
lingkup wilayah perkotaan. Petani kecil mempunyai kecenderungan hasil panen yang
kecil dan terbatas sesuai bidang tanah yang mereka miliki. Padahal di satu sisi
kebutuhan sayuran masyarakat semakin banyak, sehingga memberi kesempatan para
pengepul dan beberapa oknum mafia pasar untuk menguasai harga pasaran,
mengombang-ambingkan harga dan memperlambat distribusi. Hal ini tentu merugikan
petani dan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya sebagai solusi
yang menguntungkan khususnya bagi petani kecil dan konsumen pada umumnya.
Strategi bidang pemasaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan sistem
modifikasi supply chain manajement
berbasis ekonomi syariah.
Supply chain manajement secara umum adalah suatu proses dimana produk diproduksi dan dikelola
secara struktural dengan merujuk pada mekanisme jaringan rantai berkesinambungan
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan harga jual. Modifikasi supply chain manajement ini menggunakan
3 metode yaitu metode
centre of display, specially order dan delivery order. Ekonomi syariah disini secara umum mengandung arti pengelolaan organisasi
pemasaran secara kolektif sekumpulan petani kecil berbasisl syariah/bagi hasil.
Secara umum dijelaskan berikut ini.
Hal pertama yang dilakukan oleh petani kecil adalah membentuk organisasi
semacam koperasi di desa sebagai pusat
manajemen, sehingga ini menghindari dari pengepul dan mafia pasar. Koperasi
petani sayuran ini dikelola bersama berbasis syariah/bagi hasil, sehingga
menguntungkan bagi petani kecil. Semua hasil produksi sayuran bermuara di koperasi syariah desa dengan
sistem bagi hasil. Selanjutnya adalah penerapan supply chain manajement di wilayah perkotaan yang membutuhkan
banyak konsumsi sayuran. Secara spesifik metode aplikasi dari sistem supply chain manajement yang diterapkan adalah
3 metode yaitu metode
centre of display, specially order dan delivery order.
Centre of display
adalah metode distribusi yang pertama. Centre
of display adalah metode pemasaran dengan mendirikan kios sayuran yang
menyediakan sayuran secara langsung. Centre
of display dikonsep seperti area khusus sayuran yang menyediakan sayuran
segar dengan kualitas tinggi namun dijual dengan harga yang sesuai dengan
standar pasar tradisional. Metode ini seperti perpaduan antara pasar swalayan
dan pasar tradisional. Dilihat dari segi tempat dan kios yang digunakan
menyerupai display sayuran yang ada
di pasar swalayan. Kualitas sayuran juga beragam mulai dari yang kualitas
tinggi, sedang dan rendah disesuaikan dengan harga dan kebutuhan. Namun disisi
harga tetap mengikuti standar pasar tradisional. Pasokan sayuran adalah dari koperasi sayuran
yang ada di pedesaan. Sehingga mafia tidak bisa secara langsung menguasai harga
pasar. Harga disesuaikan dengan sistem syariah dan manajemen koperasi. Adanya
centre of display ini, konsumen tidak
perlu khawatir dan bingung kemana harus memperoleh sayuan dengan kualitas baik
secara mudah dan harga terjangkau. Tempat yang
khusus menjual sayur tidak bercampur dengan yang lainnya seperti ikan, daging
dan produk lain tentunya juga memberikan tingkat kebersihan yang terjaga. Centre of display juga
mempunyai cabang yang dinamakan branch of
display. Branch of display merupakan tempat berjualan sayuran atau kios
sayuran dengan proporsi yang lebih kecil namun tetap memperhatikan standar dan
kualitas sayuran yang dijual. Branch of
display ini berlokasi di daerah tertentu seperti perumahan, pasar
tradisional dan masing-masing kelurahan bahkan tingkat RT. Hal ini bertujuan
untuk mempermudah masyarakat untuk memperoleh sayuran disekitar rumahnya.
Special order adalah metode yang kedua. Metode ini merupakan bentuk pelayanan
khusus untuk konsumen sayuran dengan jumlah kebutuhan besar. Sebagai contohnya
adalah rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, pondok pesantren, rumah makan dan
lain sebagainya. Konsumen ini memerlukan proporsi sayur setiap harinya dalam jumlah
yang besar yang terkadang tidak terpenuhi hanya dari pasar tradisional saja.
Selain itu, khusus untuk rumah sakit harus memberikan sayuran ataupun masakan
yang bernilai gizi tinggi dari sayuran dengan kualitas yang baik. Hal ini perlu
dijaga dan diperhatikan dalam memilih sayuran. Sehingga konsumen jenis ini
tidak perlu ke pasar dan lebih menghemat waktu dan tenaga. Special order ini juga memberikan fasilitas “kartu pemesanan/order card”.
Kartu ini berfungsi untuk mempermudah konsumen mendapatkan sayuran untuk
keesokan harinya. Konsumen akan dapat mengira-ngira sendiri apa yang dibutuhkan
besok, dan mengurangi adanya keminiman jumlah sayuran dengan resiko kehabisan
sayuran. Kartu ini juga berfungsi untuk mempermudah dalam mengirimkan
sayuran dengan cepat, efektif dan efisien.
Delivery order adalah metode yang ketiga. Layaknya sistem delivery order yang lainnya, petani dari
koperasi sayuran juga dapat mengantarkan sayuran ke rumah-rumah
sesuai pesanan. Seperti halnya tukang sayur keliling, namun delivery order dilengkapi dengan
fasilitas “member card” yaitu kartu
langganan yang setiap harinya akan dikirimkan sayuran sesuai keinginan.
Perbedaan antara special order dan delivery order adalah tingkat
konsumennya. Special order melayani
konsumen di instansi tertentu dengan jumlah yang besar, sedangkan delivery order melayani konsumen dalam
skala rumah tangga. Dengan demikian, sayuran akan dijual
dengan lancar tanpa dikendalikan mafia pasar, petani mengelola sendiri sehingga
pendapatan dapat optimal dan konsumen mendapatkan sayuran yang baik dengan cara
yang mudah.
Metode
di atas merupakan suatu sistem terpadu yang
merupakan bagian dan modifikasi dari supply
chain management yang melibatkan berbagi pihak dalam suatu sistem. Adapun
pihak-pihak yang dapat membantu pengimplementasian program antara lain petani
sayuran sebagai unit produksi dan pengelola, masyarakat
sebagi konsumen, dan dinas atau instansi yang memerlukan supply sayuran dalam jumlah yang besar seperti rumah sakit, lembaga
pemasyarakatan, rumah makan dan lain sebagainya.
Implementasi
suatu program atau suatu metode tentunya memerlukan langkah strategis untuk
mendukung keberhasilannya. Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan dalam
upaya pengimplementasian adalah 1) Membuat desain alur kerja koperasi sayuran berbasis syariah, 2) Membuat centre of display dan branch of display, member card dan kartu pemesanan. 3) Menjalin
kerjasama dengan konsumen dengan kebutuhan sayuran skala tinggi seperti rumah
sakit, lembaga pemasyarakatan, rumah makan dan lain sebaginya dengan menawrakan
berbagai fasilitas yang dapat digunakan seperti member card dan kartu pemesanan. 4) Membeli
dan mengambil sayuran dari petani sayuran di pedesaan. 5) Membersihkan,
memilih dan menyortir sayuran sesuai dengan kualitasnya. 6) Mengemas dengan baik dan menarik agar
terjaga kualitasnya. 7) Mengirim pada center of display, branch of display, konsumen yang memesan
sayuran, serta ke konsumen dengan skala rumah tangga. 8)
Memberikan kartu pemesanan sayur kepada konsumen untuk pemenuhan kebutuhan esok
hari. 9) Menyiapkan pemenuhan kebutuhan sayur
esok hari sesuai pesanan konsumen. 10) Mengecek
stock sayuran dan mengelola mekanisme distribusi sayur.
Dengan demikian sistem modifikasi supply
chain management berbasis ekonomi
syariah ini dapat dijadikan solusi dan alternatif baru dalam inovasi pemasaran
sayur sehingga meningkatkan pendapatan petani sayuran. Adanya peningkatan
pendapatan petani kecil tentunya dapat mengoptimalkan bonus demografi untuk
pembangunan pertanian yang relevan.inovasi sistem sayuran ini juga berguna
untuk masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan akan sayuran. Dengan demikian
sistem ini diharapkan dapat menguntungkan untuk semua pihak baik petani sebagai
produsen maupun masyarakat sebagai konsumen.
SIAP BELI SEMUA JENIS SINGKONG SEGAR KONDISI FRESS SAYA BAYAR KONTAN! Saya Bpk Heru alamat Malang - Jawa Timur Nomor Hp/Wa 081334272800 minim umur 10 bulan. Kebutuhan saya per minggu 200 ton untuk memenuhi pabrik makanan. Disamping beli saya jual singkong sortiran masih frees segar ukuran kecil untuk pakan ternak Rp 650/kg. Profil saya bisa dilihat di www.belisingkongsegar.blogspot.com & www.malangkambingdombasuper.blogspot.com NB: SAYA JUGA JUAL KAMBING BOER AUSTRALIA BOBOT BISA MENCAPAI 100 Kg, PERANAKAN ETAWA, JAWA RANDU, KACANG & DOMBA
ReplyDeleteJual murah Pupuk Organik 100% asli KOHE KAMBING hasil produksi sendiri Rp. 600/kg kondisi sudah digiling lembut kemasan karung. Sudah terbukti pupuk organik dari kotoran kambing lebih bagus untuk tanaman sayur, palawija, padi dan tanaman perkebunan dari pada pupuk ornanik dari Kohe hewan lainnya. Siap kirim partai kecil dan besar. Bpk HERU di Malang - Jatim HP/Wa 081334273800 website www.malangkambingdombasuper.blogspot.com
ReplyDelete