Info seputar pangan nasional dan dunia

Alat Pengawet Sayuran dan Buah-buahan Berbasis Nano N-Doped





Konsumsi pangan penting bagi kesehatan tubuh manusia guna menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, kita tidak hanya perlu mengonsumsi pangan yang berkualitas (bergizi) tetapi juga
mencapai jumlah (status gizi) tertentu. Oleh karena itu, dalam hal konsumsi pangan penting diperhatikan keanekaragaman jenis pangan agar suatu zat gizi dapat dipenuhi dari kelebihan zat gizi yang sama dari pangan lainnya.
            Di Indonesia, buah dan sayur merupakan bahan pangan yang sangat mudah didapatkan, bahkan setiap daerah memiliki buah dan sayur sebagai ciri khas untuk daerah tersebut. Buah dan sayur dengan beraneka jenis dan warna dapat saling melengkapi kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Disamping itu, salah satu bahan pangan yang banyak mengandung serat terdapat pada buah dan sayur (Jahari dkk, 2001).Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk mengatur proses dalam tubuh. Meskipun kebutuhannya realatif kecil, namun fungsi vitamin dan mineral hampir tidak dapat digantikan sehingga terpenuhinya kebutuhan konsumsi zat tersebut menjadi esensial. Apabila konsumsi vitamin dan mineral ini tidak memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengalami defisiensi vitamin dan mineral yang dapat mengakibatkan berkurangnya daya tahan tubuh.Menurut penelitian yang dilakukan, jenis makanan yang mengandung sayuran maupun buah-buahan di kantin sekolah tidaklah memenuhi kriteria cukup untuk dikonsumsi.
Berdasarkan pemanfaatannya sebagai alat pengawet dan pereduksi logam berat berbahaya pada sayuran dan buah-buahan fotokatalismemiliki beberapa kelemahan yaitu hanya bisa diinisiasi dengan sinar UV (Liu et al, 2011), padahal cahaya UV dapat merusak kandungan protein pada ikan dan kerang sehingga perlu dilakukan modifikasi terhadap material tersebut agar bekerja pada rentang cahaya tampak. Salah satu solusi dari masalah ini adalah melapisi   dengan Nitrogen (Rani et al, 2010). Pelapisan dengan gas nitrogen akan menaikan aktivitas pendekomposisian senyawa organik hinggga panjang gelombang 550 nm (Ashahi et al, 2001) atau dapat dikatakan N-doped sebagai fotokatalis cahaya tampak. Dengan modifikasi tersebut maka aktivitas  sebagai fotokatalis sebagai antibakteri dan mereduksi logam berat menjadi lebih efektif.
Bakteri dan logam berat berbahaya merupakan senyawa yang dapat direduksi oleh fotokatalis dapat mereduksi bakteri hingga 98,7% dengan menggunakan cahaya tampak (Wang, 2011). Selain itu fotokatalis dengan dapat mereduksi logam berat berbahaya seperti Cr(VI) hingga 80% (Slamet, 2003). Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan apabila dilapiskan pada kaca  maka tersebut dapat memberikan efek antibakteri yang mengakibatkan sayuran dan buah-buahan terhindar dari proses pembusukan serta mengurangi logam berat berbahaya pada sayuran dan buah-buahan sehingga ikan dan kerang akan lebih aman dikonsumsi.
Berdasarkan fakta diatas maka salah satu inovasi yang akan menjadi solusi pemecahan masalah terhadap sistem pengawetan dan logam berat berbahaya pada ikan dan kerang adalah dengan membuat alat pengawet dan pereduksi logam berat berbahya pada sayuran dan buah-buahan dengan nanomaterial. Alat tersebut berfungsi mengawetkan sayuran dan buah-buahan dengan adanya aktivitas antibakteri yang tinggi serta dapat mereduksi logam berat berbahaya pada ikan dan kerang. Alat dari ini juga hemat energi dikarenakan dalam sistem pengawetannya hanya membutuhkan energi dari lampu biasa, kelebihan lain dari alat ini juga tidak merusak rasa, tekstur dan gizi karena ikan dan kerang hanya akan disinari cahaya tampak. Selain itu alat pengawet dan pereduksi logam berat berbahaya ini mudah diaplikasikan dan tidak berbahaya bagi lingkungan karena hanya akan menghasilkan hasil samping dan .
Share:

1 komentar:

  1. SIAP BELI SINGKONG SEGAR NON KUPASAN BAYAR KONTAN HARGA BAGUS segala jenis singkong (gajah, mangu ketan, tracak kebo, parokah, tambak urang dll) Kriteria besar bisa dikupas. Syukur kalau bisa kirim kontinyu setiap hari. Kebutuhan kami 200 ton/minggu. Selain beli Singkong saya juga menjual murah kwalitas super karena hasil ternak sendiri KAMBING BOER SUPER KETURUNAN AUSTRALIA UMUR 2 TAHUN BOBOT BISA MENCAPAI 100 kg, KAMBING PE, JAWA RANDU, KAMBING KACANG untuk bisnis penggemukan, Warung Sate, Aqiqah & Qurban siap kirim partai besar & Kecil. hubungi Bpk HERU IRAWAN AJI lokasi di Malang - Jawa Timur Hp/Wa 081334272800 website saya di www.belisingkongsegar.blogspot.com Dan www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    ReplyDelete

Kabar Pangan. Powered by Blogger.

Blog Archive